Friday, January 1, 2010

Beware !

Hebohnya kasus rumah sakit di ibu kota itu, bisa saja terjadi padaku hari ini. Rumah sakit berlogo internasional memang bukan jaminan semuanya sudah berstandar internasional. Nggak di rumah sakit nggak di perusahaan manapun, yang penting system dan SDM nya. Keduanya mesti bagus, baru resultnya bagus.

Begini ceritanya..

Masku kumat sakit benjolan di salah satu anggota badannya. Meradang seperti bisul. Kalau dia kecapean yang amat sangat, akan kumat. Ini kali ketiga benjolan itu meradang. Kata dokter dulu, mending di angkat supaya tak kumat lagi. Tapi biasalah, begitu sembuh lupalah kata dokter.

Dua hari lalu do'i mengeluh kumat lagi. Sudah mulai terlihat benjolannya, memerah sedikit, kalau dipegang sakit katanya. Hari ini kuantar dia ke rumah sakit itu. Kutanyakan apakah dengan kondisi yang seperti itu, benjolan itu bisa diangkat? Dokter itu mengatakan bisa saja. Malah kami langsung suruh buat janji besok pagi. Melihat biaya operasi minor saja setinggi langit gitu, ciut juga nyaliku. Lalu kami mencari alternatif rumah sakit lain. Ada rumah sakit di daerah selatan yang murah. Kata masku itu rumah sakit penyelamat kaum papa.

Rumah sakitnya sederhana. Banyak 'celung' atau laron di lorong rumah sakit. Kesannya jadi kotor itu rumah sakit. Apa iya rumah sakit ini punya alat-alat operasi? Hatiku agak meragukan, tapi melihat pengalaman yang lalu-lalu, rumah sakit ini berhasil mengoperasi banyak hal. Kumantapkan diri. Yang mau operasi bukan aku, tapi hatiku yang risau.

Dokter jaga yang memeriksa masku bilang, jangan diangkat sekarang. Masih meradang. Diobatin dulu dengan salep dan obat yang diminum, setelah kempes dan tak sakit, disuruh datang lagi untuk janjian operasi.

Dua rumah sakit yang beda, dua dokter yang beda, dua diagnosa berbeda, dua keputusan yang berbeda. Untunglah kami mencari alternatif. Karena menurut sepengetahuanku, luka yang meradang tak boleh dioperasi. Baik gigi ataupun jerawat sekalipun. Alasan medisnya aku kurang tahu pasti. Yang kutahu, supaya pasien tak terlalu kesakitan.

Begitulah. Meski aware sendiri dalam hal apapun. Tak mudah percaya dengan yang berlabel internasional.

Cepat sembuh ya sayangku..

No comments:

Post a Comment